WA (Jakarta) : 0851 7527 0818 WA (Lampung) : 0813 7368 0798 Promo Hari ini: Produk Baru Diskon 15%Belanja di TokopediaBelanja di Shopee

Finishing Matte hingga High Gloss, Ini 3 Tingkat Kilap Cat serta Kegunaannya

Ditulis oleh:
Terrace Interior

Tingkat kilap atau sheen level adalah ukuran seberapa banyak cat tersebut memantulkan cahaya, seperti matte yang hampir tidak memantulkan hingga high gloss yang sangat berkilau.

Setiap tingkat memberikan efek visual dan tekstur yang berbeda pada dinding atau furnitur. Selain itu, ini juga berdampak pada daya tahan dan kemudahan perawatan cat. Agar Anda tidak bingung memilih level yang paling sesuai, intip penjelasan terkait 3 tingkat dan aplikasinya!

3 Tingkat Kilap pada Cat Tembok dan Penggunaannya

Ada tiga tingkat yang paling sering digunakan banyak pemilik rumah untuk menonjolkan nuansa rumah mereka, di antaranya:

Matte

Cat matte memberikan tampilan akhir yang halus dan tidak mengkilap, ideal untuk menciptakan suasana yang tenang dan menutupi ketidaksempurnaan dinding.

Cat ini memiliki kilap sekitar 3-10%, artinya ia menyerap lebih banyak cahaya daripada memantulkannya. Contoh dari pewarna tembok matte:

Jotun Majestic True Beauty Matt

Hasil akhir cat ini sangat matte. Produk ini sempurna untuk ruangan kerja atau kamar tidur dengan gaya minimalis atau kontemporer.

Jotun True Beauty Matt mampu menutupi ketidaksempurnaan dinding dengan baik, memberikan hasil akhir yang seragam dan halus. Selain itu, cat ini mudah dibersihkan.

Dulux Pentalite

Dulux Pentalite menawarkan tampilan akhir matte dengan sheen level rendah. Cat cocok untuk permukaan dinding ruangan yang memerlukan daya tahan lebih terhadap noda.

Cat juga dikenal dengan pilihan warnanya yang beragam, sehingga memudahkan Anda untuk menyesuaikan desain interior ruangan.

Mowilex Emulsion

Ingin cat yang ramah lingkungan dengan level kilap rendah? Mowilex Emulsion memberikan tampilan akhir matte, sangat pas untuk ruang makan atau tamu.

Selain itu, cat memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) yang rendah, namun menawarkan daya tahan yang baik.

Semi Gloss

Cat tembok jenis ini memiliki level kilap sekitar 35-60%. Hasil akhirnya memberikan kesan yang lebih bersinar dan hidup dibandingkan dengan matte, namun tidak begitu intens. Berikut cat yang cocok untuk menciptakan kesan ini:

Jotun Ultraclean

Cat ini ideal untuk Anda yang menginginkan tampilan dinding yang bersih dan tahan lama. Keunggulannya terletak pada kemudahan dalam membersihkan noda, menjadikannya pilihan yang praktis untuk rumah Anda.

Dulux Weathershield Pro

Dulux Weathershield Pro memiliki keunggulan dalam melindungi dinding eksterior dari berbagai kondisi cuaca, sehingga menjaga warna tembok tetap cerah dan tahan lama.

Jotun Majestic True Beauty Sheen

Cat ini menawarkan hasil akhir yang halus dan mewah, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk ruang tamu atau ruang makan dengan tampilan elegan.

Kelebihannya termasuk kemudahan dalam pembersihan dan ketahanan terhadap noda.

Duco Top Color

Docu Top Color ideal untuk Anda yang ingin memberikan sentuhan akhir elegan pada perabot atau elemen kayu dan logam di rumah.

Dengan ketahanannya yang baik, Duco Top Color menjaga tampilan kayu dan logam tetap menarik dan terlindungi dari kerusakan.

High Gloss

Cat jenis ini memiliki level kilap tertinggi dengan refleksi cahaya di atas 60%. Cat ini memberikan permukaan yang hampir seperti cermin.

Cat high gloss menciptakan tampilan yang sangat mewah dan dramatis, cocok untuk menonjolkan detail arsitektur atau perabot. Cat high gloss memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan cat dengan tingkat kilap lainnya. Beberapa contoh dari cat ini:

Jotun Colour Extreme

Keunggulan Jotun Colour Extreme terletak pada ketahanannya yang luar biasa terhadap sinar UV dan kondisi cuaca ekstrem. Pas jika diaplikasikan pada eksterior rumah Anda.

Jotun Extreme tidak hanya menjaga warna tetap cerah, tetapi juga melindungi dinding dari kerusakan akibat cuaca.

Jotun Majestic True Beauty Sense

Keistimewaan Jotun Majestic True Beauty Sense terletak tampilan akhir yang halus dan bersinar. Jotun True Beauty Sense juga mudah dibersihkan. Jadi, produk ini cocok untuk ruangan yang ingin Anda tonjolkan, seperti ruang tamu atau ruang makan.

Jotun Gardex

Cat ini khusus dirancang untuk kayu dan logam karena memberikan perlindungan dan kilau permukaan yang tahan lama. Jotun Gardex sangat cocok untuk pintu, jendela, dan perabot kayu. Cat ini memberikan tampilan yang elegan, tahan terhadap goresan, anti jamur dan korosi.

Sheen level cat yang tepat dapat mengubah nuansa dalam atau luar ruangan secara drastis. Jadi, pilih yang paling sesuai, dari matte yang tenang hingga high gloss yang berani.

Tertarik untuk mendapatkan cat tembok berkualitas untuk keperluan interior dan eksterior? Kunjungi Toko Terrace Interior. Ada banyak pilihan cat dari 3 tingkat yang akan mengubah rumah Anda menjadi lebih indah!